25 Januari 2008

yuk ngeblog

part 1
Nama Penulis
Andi Bagus Ruhendra
bagus165@gmail.com
http://andibagus.blogspot.com
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
Pendahuluan
Setiap orang memiliki kesenangan masing masing dalam diri nya, tapi bagaimana jika kesenangan yang dia bawa akan menjerumuskan nya ke dalam jurang kenistaan. So, daripada kita bingung, kurang kerjaan, atau lagi suntuk, mending kita salurin itu semua dengan melakukan hal yang menyenangkan yaitu menulis kan cerita pribadi kemudian kita masukin ke dalam sebuah situs di internet. Dan kita pun akan mendapatkan banyak teman di dunia maya. Masih ragu, atau bingung? Ok, akan saya jelasin secara sederhana nya, kita bikin sebuah blog yang akan nyalurin hobi baru kita, dijamin menyenangkan..
Isi
E-mail pada Google ( Gmail )
Disarankan bagi rekan rekan dalam pembuatan blog khususnya pada http://www.blogger.com untuk membuat account e – mail terlebih dahulu pada http://www.gmail.com . Gmail sendiri memiliki kepanjangan Google Mail, artinya bahwa yang punya mail ini yah si google.. Email pada google memberikan space yakni 2 GB..Wew..banyak banget yah..
1
Tampilan awal pada account Gmail, jika anda belum mempunyai login, maka langkah awal yakni meneken tombol Sign up for Gmail.
Tampilan setelah kita mengklik sign up, seperti ini.. Isikan biodata anda secara lengkap sesuai dengan permintaan pengisian pada Gmail.
2
Jika telah selesai mengisi nya, maka disarankan terlebih dahulu untuk membaca Terms of Service, ini seperti petunjuk serta aturan aturan yang diterapkan si empu nya yang punya mail yakni Google.
Setelah usai mengisi, maka anda bisa langsung melihat tampilan mail anda, nih dia tampilannya, nampak ada pesan langsung yang dikirimkan oleh Gmail Team..
Kini anda telah memiliki aku email pada gmail..Selanjutnya email ini nantinya akan dipergunakan untuk mendaftar pada blog milik http://www.blogger.com
Belum punya blog ??
Weblog atau kerap kali dinamakan blog, kini menjadi tren di dunia bahkan di Indonesia. Ajang menyalurkan hobi baru ini lebih menyenangkan dan bernilai positif. Terlebih lagi kita akan memperoleh banyak teman dunia maya. Blog kini menjadi sebuah situs pribadi untuk menuliskan pengalaman pribadi, bahkan untuk mempromosikan sebuah bisnis yang diitekuni nya, hingga tukar ilmu tentang Blog pun kerap kali disampaikan lewat blog. Belum punya blog ?? kasihan deh lu. ^_^ Tapi jangan pesimis dulu, karena saat ini banyak penyedia blog yang menawarkan situs blog pribadi secara gratis, seperti blogger, blogdrive, blogsome, wordpress, friendster, dan masih banyak lagi. Tapi disini, saya akan membahas pembuatan blog pada blogger. Blogger, situs blog yang sangat terkenal di seluruh dunia, banyak orang yang memakai nya karena kenyamanan dan kemudahan pengoperasian dalam pemakaian nya. URL anda jika anda bergabung dalam blogger : http://namaakunanda.blogspot.com. Pertama tama, silahkan masuk ke http://www.blogger.com, Setelah halaman blogger terbuka, maka di sebelah kanan agak
3
kebawah, ada tulisan ”Create a blog in 3 easy steps : ”, klik tanda panah yang bertuliskan ”Create your blog now “
Setelah itu Isi form login dengan akun yang anda inginkan, masukkan username dengan account Gmail anda dan masukkan password sama seperti account Gmail anda. Kemudian setelah selesai, klik ”Sign In ”....
Selanjutnya anda dipersilahkan untuk mengisi identitas blog anda seperti judul blog, nama blog yang ingin anda gunakan. Tips dari saya, gunakan judul blog yang sekiranya bisa membangkitkan rasa keingintahuan pengunjung dan juga berani beda.
4
Silahkan pilih template sesuai dengan yang anda senangi :
Setelah anda mengisi identitas blog, maka anda bisa memulai aktivitas nge blog dengan mengklik start posting, seperti nampak pada gambar :
Selamat, anda kini telah memilik blog pribadi pada blogger, dan kini saatnya anda untuk menulis pada blog anda. Selamat menulis y...^_^
5
Sekarang kita di bagian page element, terlihat begitu mudah menggunakannya, karena kita hanya mendrag content yang sekiranya perlu di pasang tapi jika anda mahir dalam penguasaan bahasa pemrograman web , anda pun bisa mengganti template baru menjadi classic template (ada di bagian edit HTML)
Jika anda ingin menambah content, maka klik menu add page element, kemudian akan muncul halaman baru seperti ini bentuk nya :
6
Salah satu bentuk tampilan content HTML/javascript :
Tampilan content HTML/javasciprt diatas memungkinkan kita memasukkan aneka code aksesoris blog nantinya. Mungkin sampai disini penjelasan mengenai pembuatan blog pada blogger. Jika ada yang kurang dimengerti, disarankan mengirimkan pertanyaan kepada e-mail si penulis.
7
Statistik jumlah pengunjung
Terkadang kurang pas jika dalam blog, kita sendiri tidak mengetahui seberapa banyak jumlah pengunjung yang menyambangi blog kita dari hari ke hari. Maka dari itu kita perlu memberikan sebuah alat pengukur jumlah statistik pengunjung dan biasanya kita pasang saat awal pembuatan blog. Silahkan anda berkunjung ke http://www.statcounter.com , jika anda belum mempunyai akun di statcounter, maka anda diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik menu register :
Berikut merupakan tampilan form register dan silahkan mengisi sesuai dengan data yang anda punyai :
8
Jika halaman selanjutnya seperti gambar di bawah ini, maka proses registrasi berhasil, klik procced & add a project untuk menuju permintaan pendaftaran berikut nya :
Selanjutnya anda diminta untuk memilih rancangan statcounter yang anda inginkan, disini saya menyarankan untuk memilih standar statcounter project :
9
Kini anda akan melakukan penyettingan rancangan yang anda inginkan, silahkan masukkan nama site anda, url anda, dan isian lain sesuai dengan data yang ada :
Selamat anda telah membuat rancangan statcounter, tapi bersabar lah dahulu karena penginstalan masih memakan beberapa tahap lagi, klik configure & install code untuk melangkah ke tahap berikut nya :
10
Langkah selanjutnya yaitu memilih counter yang diinginkan, saran saya pilih opsi pertama, karena counter akan terlihat jika code dipasang pada blog kita :
Lagi lagi anda akan dihadapkan pada pengaturan unik pengunjung, silahkan pilih, saya sarankan pilih opsi every pageload : 11
Silahkan memilih counter yang anda harapkan : berbentuk gambar atau berbentuk tulisan:
Silahkan memilih sesuai yang anda inginkan tentang penyettingan untuk jumlah digit yang diinginkan, warna digit dan warna background, serta huruf :
12
Silahkan memilih sesuai dengan keinginan anda :
Instalasi ini bertujuan untuk melakukan penyettingan pada blog apa, karena kita pada blogger silahkan pilih yes, i use Blogger :
13
Sip, kini anda bisa mendapat kan code counter yang bisa anda pasang pada bagian page element :
Berapa Blogger yang sedang online ke blog kita
Selain kita berkeinginan untuk menghitung jumlah pengunjungnya dari hari ke hari, maka kita pun bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung yang saat ini online atau membuka situs blog kita. Pertama silahkan berkunjung ke http://www.shinystat.com, dan langsung mengklik tampilan berikut pada halaman nya : 14
Sebelumnya saya akan memberitahukan terlebih dahulu bahwasanya, kita memilih free version karena tidak membayar..hehehe..kalo mau yang bukan free version yah silahkan...Klik tombol sign up yang berwarna hijau..
Masukkan username yang anda inginkan, usahakan yang bisa anda ingat..trus klik continue :
15
Lakukan registrasi dengan memasukkan data anda..Setelah semua terisi klik subscribe :
Ikuti langkah selanjutnya dengan mengklik continue with installation :
16
Sekarang pilih model counter yang anda inginkan, jika anda orang yang tergolong simple, silahkan pilih simple counter atau bisa juga counter yang tidak terlihat (bisa dilihat hanya dengan masuk dalam akun kita di shinystat) :
Langkah selanjutnya yakni penyettingan, saya percaya anda lebih tahu selera tampilan counter yang diinginkan, jadi silahkan memilih :
17
Silahkan berlanjut ke tahapan berikutnya klik Go to step 1 :
Masukan username yang anda isikan tadi dalam form registrasi :
Kini anda mendapatkan code yang bisa anda pasang dalam blog anda :
18
Ini merupakan bagian terms of service product dimana anda harus membacanya agar tahu aturan yang diberikan shinystat :
Kita juga bisa meilhat statistik jumlah pengunjung dengan meng klik menu my account :
19
Setelah mendapatkan code nya, silahkan beralih ke bagian page element pada blogger anda, kemudian klik add page element > html/javasript > masukkan code ( copy paste kan code diatas kebagian ini ).
Memberikan tagboad pada blog anda
Tag board atau shoutbox ini sering dipasang oleh pemilik blog agar blog nya menjadi wahana saling bertukar pikiran, memberikan tegur sapa.. Maka kita pun perlu menyisip kan nya.. Perusahaan yang memberikan layanan tagboard pun juga banyak macam nya diantaranya : http://www.oggix.com, http://www.cbox.ws, dan masih banyak lagi. Dan saya akan membahas tentang http://www.cbox.ws , silahkan anda mengunjungi alamat yang saya sebutkan, dan berikut tampilannya :
20
Karena saya anggap anda belum memiliki tagboard, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah register dengan mengklik menu sign up : Isikan data data sesuai dengan data yang anda punya.
Jika data yang anda masukkan benar, maka klik Create my Cbox ! dan akan muncul sebuah pengumuman kurang lebih seperti gambar berikut :
Coba anda login dengan mengisi username dan password yang telah anda masukkan sebelumnya pada kolom pengisian data :
21
Dan jika anda telah berhasil login, maka akan dihantar pada pemberian script code yang bisa langsung dipasang pada blog anda atau bisa diedit terlebih dahulu sesuai dengan keinginan kita, seperti warna tagboard ingin warna warni atau ukuran tagbord yang terlalu besar dan ingin dikecilkan :
Setelah mendapatkan code nya, silahkan beralih ke bagian page element pada blogger anda, kemudian klik add page element > html/javasript > masukkan code ( copy paste kan code diatas kebagian ini ).
Album Foto Online
Album Foto, merupakan bentuk pengabadian momen kita. Apalagi bila album foto tersebut kita letakkan pada blog kita, maka kita pun tak akan lupa. Flickr, merupakan salah satu penyedia layanan album foto yang bisa kita pasang pada blog kita. Kunjungi http://www.flickr.com . setelah itu klik Sign Up untuk mendaftarkan dan masukkan e mail yahoo id dan password anda sesuai dengan password e mail yahoo. Apabila belum memiliki e mail pada yahoo, silahkan registrasi pada http://mail.yahoo.com. Kemudian setelah proses pendaftaran telah selesai, maka klik Sign In pada bagian atas halaman Flickr. Dan masukkan yahoo id beserta password nya.
22
Silahkan login dengan menggunakan id mail yahoo anda beserta passwornya :
Setelah login, maka akan terdapat halaman baru. Silahkan klik upload phots untuk meng upload foto yang akan kita masukkan dalam blog kita :
23
Silahkan upload gambat yang ingin anda tampilkan pada blog anda dengan menekan browse..Setelah selesai, klik upload :
Tampilan proses peng upload an :
24
Jika prose penguploadan telah selesai maka gambar yang anda upload akan terdapat pada bagian sidebar, isi title, description dengan yang anda inginkan kemudian klik save untuk disimpan :
Untuk memanage sebagai album online di blog kita, maka di bagian bawah sendiri pada halama flickr akan nampak menu menu seperti gambar di bawah ini, selanjutnya ke bagian help > sitemap :
25
Selanjutnya akan nampak halaman seperti pada gambar berikut, silahkan klik add a flickr badge to your website :
Silahkan pilih opsi yang anda inginkan sebagai bentuk album foto yang ingin ditempelkan pada blog anda, jika sudah klik next :
26
Langkah selanjutnya anda akan diberikan pilihan, foto mana yang akan ditampilkan. Jika kita memilih yours > maka foto foto yang anda upload akan muncul pada album anda, atau jika kita memilih everyone’s maka foto yang muncul adalah random dari mesin flickr. Klik next untuk ke tahap selanjutnya :
Selanjutnya pilih pewarnaan album yang anda inginkan. Klik next untuk ke tahap selanjutnya :
27
Kini anda telah mendapatkan code yang bisa anda kopi paste kan dalam blogger anda :
Setelah mendapatkan code nya, silahkan beralih ke bagian page element pada blogger anda, kemudian klik add page element > html/javasript > masukkan code ( copy paste kan code diatas kebagian ini ).
Layanan Image Hosting
Salah satu layanan image hosting yang sering digunakan ialah http://www.photobucket.com. Photobucket ini memberikan layanan hosting image kepada pengguna blog. Bingung gunanya apa ?? kita pasti akan tahu sendiri seiring perjalanan waktu..hehehe.. Dalam kasus ini, maka saya mengibaratkan anda belum mempunyai akun pada photobucket, maka langkah pertama yakni registrasi terlebih dahulu, klik join (warna merah ) disamping tombol login, pojok kanan atas.
28
Dan anda akan melihat tampilan berikut : isilah username sesuai keinginan anda (yang mudah diingat tentunya) dan masukkan password yang sesuai dengan keinginan anda (yang mudah diingat tentunya).
Langkah terakhir (One Last Step), yakni kita diwajibkan mengisi data, silahkan mengisinya kembali..Jangan lupa sebelum mengklik tombol “i accept.Sign me up!” baca terlebih dahulu terms of service, kenapa saya lagi lagi mengingat kan ini, karena aturan aturan yang diberikan pihak photbucket perlu kita pelajari agar nantinya kita dengan mudah menggunakan fasilitas di dalamnya.
29
Langsung aja klik submit, berikut tampilannya :
Berikutnya anda akan dihadapkan pada tawaran yang diberikan oleh photobucket, jika tidak menerima, langsung aja klik menu “No thanks you.Please Skip >>”
Selamat anda telah berhasil registrasi, silahkan masukkan username dan password yang tadi anda masukkan saat melakukan registrasi :
30
Tampilan setelah menekan login, jika anda tidak sabar menunggu anda bisa langsung mengklik “click here”.
Silahkan anda meng upload gambar sesuai dengan keinginan anda. Klik browse, kemudian pilih gambar yang ada di hardisk pada komputer anda. Trus klik upload :
Berikut proses upload nya :
31
Setelah proses upload selesai, maka gambar anda akan terlihat.. URL Link akan sangat dibutuhkan dan akan ada pemahaman yang lebih lanjut pada >> ICON IMUT DISAMPING URL
Anda akan melihat URL Link, HTML Tag, dan IMG Code. Itu merupakan rujukan dimana gambar anda disimpan.
Nb : Untuk menggunakannya seperti pada materi ”ICON IMUT DISAMPING URL”, maka yang anda gunakan ialah URL Link nya saja.
ICON IMUT DISAMPING URL
Jika anda perhatikan pada situs http://andibagus.blogspot.com, disamping url tersebut terdapat icon imut bertuliskan AB. , berikut tips pemasangan icon tersebut :
a. Pertama anda harus membuat gambar icon pada design tool seperti photoshop 7, phostosop cs dengan ukuran 18x18, save gambar yang telah anda buat dalam bentuk jpg, gif, png
32
b. Upload lah gambar yang telah buat pada album online gratis seperti pada http://www.photobucket.com, Setelah itu anda akan mendapatkan kode url yang nantinya anda copy kan ke script berikut :

Setelah mendapatkan code nya, silahkan beralih ke bagian edit HTML pada blogger anda, kemudian klik edit HMTL dan tambahkan code diatas antara
Contoh script icon pada blog saya :

Menambahkan jam
Kunjungi http://www.clocklink.com, dan layanan ini kita tidak membutuhkan proses registrasi seperti pada layanan lain. Pertama masuk pada url yang telah disebutkan, makan akan tampak tampilan seperti ini.. Pilih option : Want a Clock on Your Website
Setelah mengklik tombol tersebut, maka akan tampak berbagai tampilan jam yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Kita pun bisa mengklik pilihan seperti Analog, Animal, Animation, dan sebagainya,
33
Setelah anda memilih, maka klik tombol view html tag, maka akan muncul sebuah windws baru. Setelah mendapatkan code nya, silahkan beralih ke bagian page element pada blogger anda, kemudian klik add page element > html/javasript > masukkan code ( copy paste kan code diatas kebagian html/javasript).
Komunitas pada blog
Jika kita melihat ataupun mengamati pada blog yang ada, maka anda akan melihat beberapa bannner komunitas yang dipasang pada halaman blog mereka. Kenapa demikian ?? Sebuah bannner yang dipasang, menunjukkan keikutsertaan blogger dalam sebuah komunitas tertentu atau pemilihan top blog. Hal ini bertujuan untuk mengakrabkan diri mereka dengan para blogger yang lain. Sehingga mereka bisa saling bertukar ilmu. Salah satu komunitas virtual terbesar di indonesia adalah BlogFam ( blogger family – http://www.blogfam.com/forum ).
Selain komunitas blogger virtual terbesar di Indonesia, juga terdapat komunitas blogger yang mewakili daerah nya masing masing, salah satu nya adalah sebagai berikut :
a. Komunitas Blogger Surabaya : http://tugupahlawan.com
b. Komunitas Blogger Semarang : http://loenpia.net
c. Komunitas Blogger Jogjakarta : http://cahandong.org
d. Komunitas Blogger Makassar : http://www.angingmammiri.org
e. Komunitas Blogger Bandung : http://www.bbv.or.id
f. Komunitas Blogger Wanita Sunda Antar Benua : http://wsab.blogspot.com
g. Komunitas Blogger Batam : http://bloggerbatam.blogspot.com
h. Komunitas Blogger Palembang : http://palembang-blogger.blogspot.com 34
i. Komunitas Blogger Malang : http://www.bloggerngalam.com
j. Komunitas Blogger Indramayu : http://bramlosarang.blogspot.com
k. Komunitas Blogger Bali : http://www.baliblogger.org
l. Komunitas Blogger Muslim : http://komunitas.muslimblog.net
Penutup
Semoga apa yang saya paparkan disini, bisa memberikan wawasan bagi rekan rekan blogger di Indonesia maupun di luar Indonesia. Semoga dengan sedikit pemaparan dari saya, membuka wacana masyarakat indonesia dalam hal IT. Kekurangan maupun kesalahan terhadap artikel ini, saya meminta maaf karena saya hanyalah manusia biasa dan kelebihan dalam artikel ini datang nya dari Allah SWT. Jika rekan rekan ingin bertanya mengenai aksesoris untuk mempercantik blog ( InsyaAllah, jika saya bisa ngejawab maka akan saya jawab, bila tidak bisa menjawabnya maka saya akan bertanya kepada yang lebih ahli ), silahkan kirim ke pertanyaan, masukan dan sebaginya ke alamat e- mail atau ym saya. Sukses untuk kita semua. Keep Blogging !!! ^_^
Referensi
http://www.blogger.com
http://www.clocklink.com
http://www.photobucket.com
http://www.flickr.com
Biografi Penulis
Andi Bagus Ruhendra. Lahir di Kota Pahlawan ( Surabaya ) tanggal 29 Agustus 1987. Merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Dan akrab di panggil dengan nama Cempluk. Jenjang pendidikan yang selesai dilalui adalah tamatan SMA Negeri 01 Surabaya. Dan saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S1 pada Jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya. Hobi yang sangat digandrungi ialah ngeBlog dan baca novel. ^_^ . Saat ini penulis, diamanahi sebagai ketua offair blogger Surabaya – tugupahlawan.com. Kritik, saran, dan pertanyaan para pembaca akan sangat berarti bagi perbaikan tulisan ini. Anda bisa mengirimkan nya via e – mail dan yahoo massenger :
Id ym Cempluk : andibagus165
e-mail : bagus165@gmail.com
url my blog : http://andibagus.blogspot.com 35

Tidak ada komentar: